Sabtu, 02 Februari 2013

Kita Ada Berkat Proses


gambar: www.sinarilmu.com
Proses merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. Sejenak coba kita ingat masa TK, waktu itu diajari oleh guru-guru yang sabar tentang permainan. Kemudian sedikit meningkat, diajari membaca, menulis waktu menginjak SD. Tak hanya berhenti di situ, kita diajari membaca, menulis, mendengarkan, serta berbiara tak luput juga diajarkan tentang bagaimana berorganisasi. Tak hanya sampai di situ, diajarkan juga kepada kita dalam mengola organisasi dan dikenalkan sebuah tanggung jawab selain belajar tentang intelektual masa di SMA. Tak puas sampai di situ, banyak juga yang menghadapkan tanggung jawab pada diri sendiri maupun orang lain pada saat belajar di bangku kuliah. Semua itu merupakan proses yang cukup indah apabila kita menikmatinya.

Bagaimana keadaan kita saat ini memang bermula sejak kecil. Banyak faktor yang mempengaruhi keberadaan, jati diri, maupun keberhasilan kita saat ini. Bagaimana jadinya kalau saya tidak diajar oleh guru TK yang gemuk itu? Bagaimana kalau saya tidak kenal dengan teman-teman yang unik seperti itu? Bagaimana kalau saya tidak dlibatkan dalam permasalahan dan kehidupan yang seperti itu? Bagaimana juga kalau saya tidak dilahirkan di tengah keluarga yang sungguh luar biasa itu?
Saya tidak yakin, apakah saya bisa jadi seperti ini.

Patut untuk direfleksikan bahwa diri kita saat ini merupakan rangkaian dan perjalanan atau proses yang sungguh luar biasa sejak kecil yang ditopang oleh beberapa faktor. Kita saat ini juga menentukan bagaimana kita ke depan. Alangkah indahnya kalau kita menikmati dan memaksimalkan proses yang sedang kita hadapi. Ya memang benar bahwa "apa yang terjadi pada detik ini, sangat berpengaruh sangat besar bagi detik-detik selanjutnya.


Refleksi diri

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengunjung Ke :

Follower

Mengenai Penulis