Selasa, 30 Juli 2013

Perencanaan? Penting??


www.titianbakat.com
Sebagai manusia, pada umumnya tidak terlepas dari sesuatu yang dinamakan pekerjaan. Pekerjaan menjadi bagian yang penting dalam mencapai sesuatu. Entah pekerjaan pribadi maupun pekerjaan yang terkait dengan oran
g lain maupun instansi. Contoh sederhana pekerjaan pribadi kita adalah mandi, makan, dsb. Contoh sederhana pekerjaan yang terkait dengan orang lain maupun instansi adalah menyelesaikan tugas di dalam tempat kerja kita.

Meskipun sederhana, semuanya butuh siasat untuk mencapainya. Siasat tersebut bisa saya namakan perencanaan. Saya berjalan dari kamar tidur menuju kamar mandi juga butuh strategi meskipun terbersit secara sepintas dalam pikiran, karena memang itu rutinitas kita. Coba kita lihat lebih dalam, setelah bangun tidur biasanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengumpulkan tenaga. Namun, disaat itulah mulai memikirkan bagaimana saya harus bangun, bagaimana harus jalan, bagaimana saya bisa sampai di kamar mandi, apa yang harus dibawa, dsb. Tanpa perencanaan bisa jadi sudah sampai di kamar mandi lupa membawa sabun, handuk, pakaian, dsb. Hal yang sederhana dan tidak kita sadari namun di dalamnya kita sudah mulai membuat perencanaan.

Dalam dunia kerja, perencanaan tidak bisa luput dari perhatian kita. Kita bisa mencapai sesuatu dengan tepat, didasari oleh perencanaan yang matang. Strategilah yang kita butuhkan. Misalnya kita dihadapkan pada sebuah pekerjaan yang dibatasi waktu, maka dari menit ke menit harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Manajemen waktu dibutuhkan dalam melakukannya. Strategi dan perencanaan memang merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mengerjakan sesuatu agar tercapai dengan maksimal.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengunjung Ke :

Follower

Mengenai Penulis